Silabus Pjok Kelas Iii Sd/Mi Kurikulum 2013 Revisi 2017

 Puji dan syukur kami panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa Silabus PJOK Kelas III SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017
silabus PJOK kelas III SD
Puji dan syukur kami panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas selesainya penyusunan silabus mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan untuk Kelas III SD Kurikulum 2013 Revisi 2017 dengan baik.

Silabus ini disusun untuk membantu para rekan guru dalam menunjukkan pemahaman perihal gerak-gerak dasar dalam
olahraga dan juga penyesuaian hidup sehat dan di kembangkan yang tadinya tiga kolom menjadi tujuh kolom yang di antaranya Kompetensi Dasar, Materi Pembelajaran Indikator, Kegiatan Pembelajaran, Sumber belajar, Alokasi Waktu dan Teknik Penilaian. Namun demikian, kami menyadari bahwa silabus Pendidikan jasmani dan Olahraga (PJOK) kelas III SD Kurikulum 2013 revisi 2017 ini masih jauh dari sempurna. Untuk itu, segala bentuk kritik dan saran kami nantikan demi perbaikan silabus ini di masa yang akan datang.

Silabus mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan untuk Kelas III SD Kurikulum 2013 Revisi 2017 terdiri dari sembilan kompetensi dasar yaitu:

3.1 Menerapkan mekanisme gerak kombinasi referensi gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam aneka macam bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.1 Mempraktikkan gerak kombinasi gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam aneka macam bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
3.2 Menerapkan mekanisme gerak kombinasi gerak dasar non-lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam aneka macam bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.2 Mempraktikkan gerak kombinasi gerak dasar non-lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam aneka macam bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
3.3 Menerapkan mekanisme kombinasi referensi gerak dasar manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam aneka macam bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.3 Mempraktikkan kombinasi gerak dasar manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam aneka macam bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
3.4 Memahami mekanisme bergerak secara seimbang, lentur, lincah, dan berdaya tahan dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani melalui permainan sederhana dan atau tradisional
4.4 Mempraktikkan bergerak secara seimbang, lentur, lincah, dan berdaya tahan dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani melalui permainan sederhana dan atau tradisional
3.5 Menerapkan mekanisme kombinasi aneka macam referensi gerak lebih banyak didominasi (bertumpu, bergantung, keseimbangan, berpindah/loko-motor, tolakan, putaran, ayunan, melayang, dan mendarat) dalam acara senam lantai.
4.5 Mempraktikkan kombinasi aneka macam gerak lebih banyak didominasi (bertumpu, bergantung, keseimbangan, berpindah/loko-motor, tolakan, putaran, ayunan, melayang, dan mendarat) dalam acara senam lantai.
3.6 Menerapkan mekanisme penggunaan kombinasi referensi gerak dasar lokomotor, non-lokomotor dan manipulatif sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam acara gerak berirama.
4.6 Mempraktikkan penggunaan kombinasi gerak dasar lokomotor, non-lokomotor dan manipulatif sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam acara gerak berirama.
3.7 Memahami mekanisme gerak dasar mengambang (water trappen) dan meluncur di air serta menjaga keselamatan diri/orang lain dalam acara air ***)
4.7 Mempraktikkan gerak dasar mengambang (water trappen) dan meluncur di air serta menjaga keselamatan diri/orang lain dalam acara air ***)
3.8 Memahami bentuk dan manfaat istirahat dan pengisian waktu luang untuk menjaga kesehatan.
4.8 Menceritakan bentuk dan manfaat istirahat dan pengisian waktu luang untuk menjaga kesehatan
3.9 Menganalisis perlunya menentukan makanan bergizi dan jajanan sehat untuk menjaga kesehatan tubuh.
4.9 Menceritakan arti penting menentukan makanan bergizi dan jajanan sehat untuk menjaga kesehatan tubuh.

Di bawah ini merupakan silabus mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan untuk Kelas III SD Kurikulum 2013 Revisi 2017 yang sudah kami kembangkan menjadi tujuh kolom.

LihatTutupKomentar