Ini Perubahan Pada Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2018 (Dapodikdasmen 2017/2018) Serta Daftar Sekolah Yang Terancam Di Delet Dalam Aplikasi Dapodikdasmen

RENCANA PERUBAHAN PADA APLIKASI DAPODIKDASMEN VERSI 2017 D (DAPODIKDASMEN 2017/2018) 


Admin dapodikdasmen pada laman resmi http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id telah merilis Daftar Sekolah Yang Terancam Di Delet Dalam Aplikasi Dapodikdasmen alasannya yaitu tidak melaksanakan sinkronisasi selama tiga semester terakhir melalu Surat Dirjen Dikdasmen No 4578/D.D1/TU/2017. Selain itu diinformasikan pula Rencana Perubahan Pada Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2017 D (Dapodikdasmen 2017/2018)

Berikut ini Kuripan Informasi dari laman resmi http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id

Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah senantiasa melaksanakan pemantauan terhadap kelengkapan dan kualitas data-data satuan pendidikan pada sistem pendataan Dapodikdasmen. Hal ini dilakukan untuk mendukung kelancaran penggunaan data-data tersebut dalam banyak sekali transaksional di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, ibarat BOS, PIP, tunjangan, dan lain-lain. Dan dari hasil pemantauan per-31 Juli 2017 diketahui sejumlah satuan pendidikan belum/tidak melaksanakan sinkronisasi Aplikasi Dapodikdasmen untuk memutakhirkan data-datanya.

Menindaklanjuti hal tersebut, Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah telah mengeluarkan Surat Nomor: 4578/D.D1/TU/2017 Hal : Penyampaian daftar Satuan Pendidikan yang tidak melaksanakan sinkronisasi. Dalam surat tersebut, Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah memberikan kepada seluruh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi/Kabupaten/Kota hal-hal sebagai berikut:

Dalam rangka mendukung pelaksanaan ketentuan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 79 Tahun 2015 perihal Data Pokok Pendidikan (DAPODIK), kami sampaikan bahwa salah kiprah dari satuan pendidikan yaitu melaksanakan pemutakhiran data secara terpola sekurang-kurangnya satu kali dalam satu semester. Bersama ini kami kirimkan data satuan pendidikan di wilayah Saudara yang tidak melaksanakan sinkronisasi selama tiga semester terakhir (data terlampir).

Sehubungan dengan hal tersebut, kami mohon konfirmasi Saudara perihal keaktifan satuan pendidikan dimaksud. Bagi satuan pendidikan yang masih beroperasi diperlukan segera melaksanakan sinrkonisasi paling lambat tanggal 14 Agustus 2017. Apabila satuan pendidikan tidak melaksanakan sinkronisasi hingga batas waktu yang ditentukan ini kami anggap satuan pendidikan dimaksud sudah tidak aktif/tidak beroperasi, sehingga akan dilakukan soft delete (hapus) dari sistem Dapodikdasmen. Untuk konfirmasi dan isu lebih lanjut sanggup melalui surel: datin.pdm@kemdikbud.go.id.

Selanjutnya kepada Bapak/Ibu Operator Dapodik sanggup menyiapkan data-data awal untuk pemutakhiran data Tahun Ajaran 2017/2018 Semester 1 yang nantinya dientri pada Aplikasi Dapodikdasmen versi gres yang akan segera dirilis. Pengumpulan data awal sanggup memanfaatkan formulir yang telah disediakan pada Aplikasi Dapodikdasmen versi-versi usang (juga dilampirkan pada pengumuman ini). Pada Aplikasi Dapodikdasmen versi gres nanti cukup banyak pembenahan dan fitur baru, maka sebagai persiapan kami lampirkan juga daftar perubahan-perubahan pada Aplikasi Dapodikdasmen versi baru.
Demikian isu yang kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasama Bapak/Ibu serta teman-teman operator sekalian, kami ucapkan terima kasih.


Berikut yaitu daftar perubahan pada Aplikasi Dapodikdasmen  Versi 2017 D atau Versi 2017/2018:

1. [Pembaruan] Penambahan sajian Jadwal pembelajaran

2. [Pembaruan] Penambahan kolom anak ke-berapa pada Peserta Didik

3. [Pembaruan] Isian secara otomatis untuk sarana yang berada dalam prasarana Ruang Kelas/Teori
4. [Pembaruan] Penambahan tombol pada blockgrant untuk pemetaan dengan prasarana
5. [Pembaruan] Penambahan tombol pada blockgrant untuk pemetaan dengan sarana
6. [Pembaruan] Penambahan tombol pada prasarana untuk pemetaan dengan blockgrant
7. [Pembaruan] Penambahan tombol pada sarana untuk pemetaan dengan blockgrant
8. [Pembaruan] Penambahan sheet gres untuk rekap aktivitas pada unduhan profil sekolah
9. [Pembaruan] Penambahan rujukan Kepala Sekolah menjadi kiprah utama
10. [Pembaruan] Penambahan rujukan UKG untuk data rincian Nilai/Test pada PTK
11. [Pembaruan] Penambahan rujukan jenis rombel Ekstrakurikuler pada sajian Rombongan Belajar
12. [Pembaruan] Penambahan tabulasi rincian Ekstrakurikuler pada sajian Sekolah
13. [Pembaruan] Perubahan tampilan pada sajian Peserta Didik, kalau yatim piatu atau tinggal di panti asuhan maka baris data akan berwarna
14. [Pembaruan] Perubahan tampilan pada halaman pendaftaran dan login
15. [Pembaruan] Pemisahan sajian antara rombongan mencar ilmu reguler dan ekstrakurikuler
16. [Pembaruan] Penambahan pemicu untuk mengaktifkan kolom nama penerima didik pada dikala terdeteksi nama tidak masuk akal ketika melaksanakan validasi
17. [Pembaruan] Penambahan validasi kalau terdeteksi guru yang mengajar ganda pada jadwal
18. [Pembaruan] Penambahan validasi ketika masih ada pembelajaran yang belum dipetakan ke dalam jadwal
19. [Pembaruan] Penambahan validasi panjang dan lebar pada prasarana
20. [Pembaruan] Penambahan validasi untuk jumlah sarana

21. [Pembaruan] Penambahan validasi penerima didik yang belum memiliki NISN

22. [Pembaruan] Penambahan dan perbaikan panduan, peraturan dan formulir pada Pusat Unduhan

23. [Perbaikan] Perbaikan bugs ketika akan sinkronisasi

24. [Perbaikan] Perbaikan tanda baca ,(koma) sanggup menjadi kata pada nama Peserta Didik dan GTK

Lampiran:

===================================================







= Baca Juga =



LihatTutupKomentar