Rpp Pjok Kelas 3 Sd/Mi Kurikulum 2013 Revisi 2017

 Prosedur gerak kombinasi pola gerak dasar lokomotor RPP PJOK Kelas 3 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017
RPP PJOK Kelas 3 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan : SDN
Mata Pelajaran : PJOK
Kelas /Semester : III/Ganjil
Tema : Prosedur gerak kombinasi pola gerak dasar lokomotor
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Alokasi Waktu : 12 JP ( 3 Pertemuan)


A. Kompetensi Inti
KI -3 Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya wacana ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan insiden tampak mata
KI -4 Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abnormal (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.1 Menerapkan mekanisme gerak kombinasi pola gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam aneka macam bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.

3.1.1 Menjelaskan mekanisme gerak kombinasi pola gerak dasa lokomotorr jalan, lari dan lompat.
3.1.2 Menjelaskan mekanisme gerak kombinasi pola gerak dasar lokomotor jalan, lari dan melompat setinggi-tingginya.
3.1.3 Menjelaskan mekanisme gerak kombinasi pola gerak dasar lokomotor jalan, lari, lompat dan meraih benda.
3.1.4 Menjelaskan mekanisme gerak kombinasi pola gerak dasar lokomotor jalan, lari dan melompati teman.
3.1.5 Menjelaskan mekanisme gerak kombinasi pola gerak dasar lokomotor berlari dengan mengangkat paha.
3.1.6 Menjelaskan mekanisme gerak kombinasi pola gerak dasar lokomotor berlari tumit menyentuh pantat
3.1.7 Menjelaskan mekanisme gerak kombinasi pola gerak dasar lokomotor berlari tungkai disepakkan ke depan

4.1 Mempraktikkan gerak kombinasi gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam aneka macam bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.1.1 Memperagakan kombinasi pola gerak dasar lokomotor dalam bentuk permainan sederhana dan atau tradisional

C. Tujuan Pembelajaran
Melalui acara menyimak warta dan peragaan, penerima didik diperlukan sanggup Menjelaskan mekanisme gerak kombinasi pola gerak dasa lokomotorr jalan, lari dan lompat,Menjelaskan mekanisme gerak kombinasi pola gerak dasar lokomotor jalan, lari dan melompat setinggi-tingginya,Menjelaskan mekanisme gerak kombinasi pola gerak dasar lokomotor jalan, lari, lompat dan meraih benda,Menjelaskan mekanisme gerak kombinasi pola gerak dasar lokomotor jalan, lari dan melompati teman,Menjelaskan mekanisme gerak kombinasi pola gerak dasar lokomotor berlari dengan mengangkat paha,Menjelaskan mekanisme gerak kombinasi pola gerak dasar lokomotor berlari tumit menyentuh pantat,Menjelaskan mekanisme gerak kombinasi pola gerak dasar lokomotor berlari tungkai disepakkan ke depan,Memperagakan kombinasi pola gerak dasar lokomotor dalam bentuk permainan sederhana dan atau tradisional, Dengan rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta mempunyai perilaku responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta bisa berkomukasi dan berhubungan dengan baik

Baca Juga :

D. Materi Pembelajaran
1. Fakta:
Gerakan lokomotor merupakan suatu gerakan yang ditandai dengan adanya perpindahan tempat, menyerupai jalan, lari, melompat, dan mengguling.
2. Konsep
Gerakan lokomotor merupakan dasar bagi perkembangan koordinasi gerakan yang melibatkan otot-otot besar (gross-muscles), pertumbuhan otot, daya tahan dan stamina. Gerakan ini biasanya menciptakan anak merasa bahagia melakukannya.
3. Prinsip
Gerakan lokomotor ini bisa dimodifikasi menjadi permainan anak sehingga tanpa disadari, siswa sedang melaksanakan gerak lokomotor, menyerupai berjalan, lari, dan mengguling. Tujuan dari dilakukannya gerakan dasar jalan dan berlari yakni meningkatkan kemampuan gerakan dasar yang banyak dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Guru sanggup mengambarkan dan memberi teladan yang benar mengenai teknik gerak dasar atletik jalan dan lari.
4. Prosedur
Memperagakan kombinasi pola gerak dasar lokomotor dalam bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.

E. Metode Pembelajaran
1. Inclusive (cakupan).
2. Demonstrasi.
3. Part and whole (bagian dan keseluruhan).
4. Resiprocal (timbal-balik).
5. Pendekatan Pembelajaran Kontekstual.
6. Pendekatan Scientific

F. Media,Alat dan Bahan Pembelajaran
1. LKS
2. White board
3. Spidol
4. Media LCD projector,
5. Laptop,
6. Bahan Tayang ( Slide power point)

G. Sumber Belajar
1. Buku Pegangan Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kelas 3 Kurikulum 2013
2. Buku Pegangan Siswa Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kelas 3 Kurikulum 2013
3. Modul/bahan ajar,
4. Internet,
5. Sumber lain yang relevan

H. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan Penutup

I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian

a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
Mempelajari buku teks dan sumber lain wacana materi pokok
Menyimak tayangan/demo wacana materi pokok
Menyelesaikan kiprah yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2) Portofolio / unjuk kerja
Laporan tertulis individu/ kelompok
3) Produk,
2. Instrumen Penilaian
Terlampir

3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Remedial

  • Remedial sanggup diberikan kepada penerima didik yang belum mencapai KKM maupun kepada penerima didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bab : remedial alasannya belum mencapai KKM dan remedial alasannya belum mencapai Kompetensi Dasar
  • Guru memberi semangat kepada penerima didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan menunjukkan kiprah bagi penerima didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), contohnya sebagai berikut.
b. Pengayaan
  • Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan penerima didik mengenai materi pembelajaran yang sanggup diberikan kepada penerima didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
  • Pengayaan sanggup ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai komitmen dengan penerima didik.
  • Direncanakan menurut IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas contohnya

……………, 16 Juli 2018

Mengetahui
Kepala SDN                                        Guru Mata Pelajaran

………………………………           …………………………….
NIP/NRK.                                           NIP/NRK.

LihatTutupKomentar