Cara Menciptakan Kuis Atau Soal Online Secara Gratis

Untuk menciptakan kuis atau soal online yang gratis dan gampang ada beberapa software yang sanggup digunakan,salah satunya dengan memakai layanan Google yang disebut Google Drive. Untuk menciptakan soal online dengan Google Drive cukup dengan modal mempunyai account di gmail. Langkah-langkah menciptakan soal di Google Drive sebagai berikut:

1.     Anda harus mempunyai akun gmail (google mail) terlebih dahulu. Apabila Anda belum memilikinya, sanggup membaca panduan Cara Membuat Email Baru di Gmail (Google Mail)
2.     Setelah Anda memiliki Email, langkah berikutnya silahkan kunjungi GOOGLE DRIVE
3.     Login memakai alamat Email yang sudah Anda buat t
4.     Setelah Anda Login di Google Drive, klik tombol Create (buat). Untuk memulai menciptakan Soal Online, silahkan pilih Formulir (Google Forms). Tampilannya sebagai Berikut :                                           


5.     Formulir ini mempunyai beberapa bagian. Berikut Penjelasannya:



6.     Bagian No.1 untuk nama dokumen, untuk memperlihatkan nama dokumen yang akan dibuat, klik bab ini maka akan muncul tampilan nama dokumen, kemudian klik OK


  
7.     Bagian No. 2 yaitu baris hidangan dengan bawah umur hidangan di dalamnya. Silahkan klik menu-menu tersebut untuk mengetahui detail fungsinya.
8.     Bagian No. 3 yaitu untuk judul soal-soal yang akan dibuat.
9.     Bagian No 4 untuk menuliskan pertanyaan dari suatu soal.
10.  Bagian No 5 untuk memperlihatkan klarifikasi apabila soal membutuhkan klarifikasi tertentu.
11.  Bagian No 6 untuk menentukan jenis pertanyaan. Untuk menentukan jenis pertanyaan klik tombol panah drop down, sehingga muncul pilihan jenis soal.



12.  Bagian No 7 merupakan bab untuk pilihan/opsi jawaban. Bagian ini akan menyesuaikan jenis soal yang dipilih.
13.  Bagian No 8 untuk menambahkan pilihan lagi apabila dibutuhkan.
14.  Bagian No 9 untuk mendefinisikan apakah soal/pertanyaan yang dibuat harus/wajib dijawab atau tidak. Apabila pembuat soal menghendaki soal harus dijawab, maka bab tersebut bisa dicentang dan akhirnya apabila soal tersebut belum dijawab, maka tidak sanggup beralih/meneruskan menjawab soal selanjutnya.
15.  Bagian No 10 untuk mengakhiri apabila sudah selesai menciptakan soal.
16.  Bagian No 11 untuk menambahkan soal-soal berikutnya.
17.  Bagian No 12 untuk memanipulasi soal. Ikon pensil dipakai untuk mengedit soal, ikon copy untuk menduplikat pertanyaan/soal tersebut dan ikon daerah sampah untuk menghapus soal tersebut.



18.  Untuk mempercantik tampilan web soal yang Anda buat, Anda sanggup menentukan tema/theme dengan cara meng-klik tombol tema/thema sehingga muncul pilihan tema menyerupai berikut ini


19.  Untuk melihat bentuk jadi soal yang Anda buat, klik maka Anda akan mendapati tampilan soal-soal yang gres saja Anda buat. Anda sanggup mengedit kembali apabila ada kesalahan atau kekurangan.
20.  Untuk mempublikasikan soal, sanggup dilakukan dengan cara melekat di website/blog atau melalui email.
21.  Jawaban yang masuk atas soal-soal yang Anda buat akan terekam dalam spreadsheet. Untuk melihat tanggapan, klik
22.  Untuk menilai hasil atau tanggapan yang masuk, Anda sanggup memakai formula menyerupai halnya di Microsoft Excel.


Sebagai tambahan, selain memakai Google Drive, Anda juga sanggup menciptakan kuis online memakai beberapa layanan online quiz maker, menyerupai QuizStar (quizstar.4teachers.org), ProProfs (proprofs.com), Thatquiz (thatquiz.org), dll.

==================================



= Baca Juga =



LihatTutupKomentar